0

Uncategorized

INOVASI DAN KEWIRA USAHAAN

Pertemuan 1.

Sumber-Sumber Inovasi:

DORONGAN LITBANG DAN PENGGALIAN POTENSI INOVATIF PADA PERUSAHAAN

Kewirausahaan merupakan suatu kemampuan melihat suatu peluang bisnis, kemudian mencari sumber daya agar terwujudnya bisnis tersebut kemudian memastikan bahwa bisnis tersebut akan berjalan dengan sukses.

Kewirausahaan juga dapat diartikan suatu kreasi dan inovasi yang memberikan nilai tambah bagi suatu individu atau masyarakat.

Jumlah enterpreneur indonesia di akhir 2014 menurut menteri koperasi dan UKM , 1.65% dari penduduk Indonesia, pada tahun 2005 hanya 0.18%, tahun 2012 sekitar 1.56%. Mentri juga mengharapkan melalui GKN (Gerakan Kewirausahaan Nasional) jumlah ini dapat meningkat minimal menjadi 2% pada akhir 2015.

(sumber:http://sibanu.com/home/read/manusia-empat-kuadran-robert-t-kiyosaki) Robert kiyosaki dalam bukunya “The Cashflow quadrant” membagi menjad empat kuadran sumber aliran pemasukan (cashflow) :

Kuadran satu EMPLOYEE

Kuadran ini berada pada kolom kiri atas. Kolom ini mewakili orang yang masih bekerja pada orang lain dan tiap bulan cashflownya bersumber hanya pada gaji yang di terima setiap bulannya. Kebanyakan dari kita sudah di set mindsetnya untuk menjadi seorang karyawan. Mungkin kamu waktu kecil juga termasuk anak yang di nasehati orang tuanya seperti ini “Nak, kamu sekolah yang bener, biar nanti cari kerjanya yang enak, gajinya besar”. Nah, hayoo siapa yang senyum – senyum sendiri pasti merasa seperti itu. :p

Kuadran dua SELF-EMPLOYED

Kuadran ini ditempati oleh kamu – kamu yang sedang merintis bisnis, dan bekerja pada bisnis kamu sendiri. Cashflow kamu dihasilkan dari usaha yang kamu sebagai penggeraknya. Misal, kamu tidak bekerja, dan sumber penghasilan kamu dengan berdagang atau membuka jasa pembuatan website. Dan hanya dari situ saja penghasilan kamu. Maka kamu termasuk kuadran ini. Semangat ya.. jalanin bisnisnya. 😉

Kuadran tiga BUSINESS OWNER

Kuadran ini ditempati oleh kamu – kamu yang memiliki bisnis dan kamu tidak terlibat langsung dalam proses harian bisnis. Artinya kamu telah mempekerjakan orang lain sebagai karyawan atau anak buah kamu untuk menjalankan bisnis. Ini yang sering bikin orang pengen bangun bisnis. Bisnisnya jalan, pemiliknya jalan – jalan. Heheheh enak ya..

Kuadran empat INVESTOR

Kuadran ini untuk kamu yang mendapatkan penghasilan atau sumber cashflownya dari hasil investasi. Kamu menggunakan dana yang kamu miliki untuk berinvestasi di beberapa perusahaan atau bisnis. Saran saya, lebih baik invest sebesar 10 persen di 10 perusahaan. Di banding invest 100% disatu perusahaan.

 

CATEGORY OF TECHNOLOGY INNOVATIONS

Technology Push: Berawal dari sebuah ketidakpuasan peneliti (baik peneliti internal/eksternal) terhadap suatu produk yang sudah ada, kemudian memperkenalkannya ke publik. Technology Push tidak melibatkan riset pasar, berawal dari research and development, memasarkan ke publik, dan menghasilkan produk yang kreatif dan destruktif dipasaran.

Skip to toolbar